Minggu, 04 Maret 2018

MATERI PRODUKTIF UPW KELAS XI

Guru Mata Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos

MATERI  RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Genap
RESERVASI

A. Pengertian Dan Macam-Macam Reservasi
v  Reservation berasal dari kata to reserve yang mempunyai arti menyediakan. Oleh karena itu, reservation yang sudah di bahasa Indonesiakan menjadi reservasi identik dengan penyediaan suatu tempat atau layanan. Sistem reservasi oleh maskapai penerbangan berkaitan dengan pengertian ditribusi yang dapat diartikan sebagai upaya perusahaan dalam mengelola persediaan tempat atau inventory.
v  Booking adalah sebuah proses pencatatan dalam buku (pembukuan) data-data calon penumpang maskapai penerbangan beserta itineraray yang diinginkannya.
v  air reservation adalah sebuah sistem penyediaan tempat oleh maskapai penerbangan untuk calon penumpang dan barang bawaannya beserta permintaan-permintaan (kalau ada) akan fasilitas-fasilitas tertentu baik secara langsung maupun tidak langsung.
v  Manfaat reservasi bagi maskapai penerbangan adalah sebagai berikut :
1. Sebagai sarana dalam menjual load factor secara maksimal.
2. Sebagai sarana untuk meningkatkan produksi.
3. Mempermudah dan memperlancar proses penjualan.
4. Dapat mempersiapkan dan memberikan layanan kepada penumpang secara maksimum
5. Efisien.
v  Manfaat adanya proses reservasi ini tidak hanya dirasakan oleh maskapai penerbangan saja, melainkan bagi penumpang juga, antara lain :

1. Dapat mempermudah dalam mengatur dan mempersiapkan rencana perjalanan.
2. Sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian terhadap rencana perjalanan.
3. Efisien.
v  Dalam dunia penerbangan dikenal bermacam-macam reservasi, yaitu :
1. Dilihat dari proses pengerjaannya
   a). Manual Reservation System
   b). Computerized Reservation System (CRS)
2. Dilihat dari pengorganisasiannya
   a). Local Reservation
   b). Flight Control Point
   c). Central Reservation Control
3. Dilihat dari jumlah penumpangnya
   a). Individual reservation
   b). Group reservation
4. Dilihat dari segi salurannya
   a). Direct reservation
   b). Indirect reservation
B. Tugas dan Fungsi Bagian Reservasi
  B.1. Tugas Bagian Reservasi
Tugas bagian reservasi dapat dibagi kedalam beberapa bidang, yaitu :
a. Bidang penyediaan tempat
·         Mengawasi penjualan seat pada penerbangan termasuk pemesanan dan pembatalannya.
·         Mengusahakan revenue semaksimal mungkin.



b. Bidang permintaan khusus
·         Meneruskan permintaan-permintaan khusus penumpang kepada bagian-bagian yang bersangkutan, seperti permintaan hotel, kendaraan, makanan khusus selama penerbangan dan lain-lain.
c. Bidang penjualan
·         Menyarankan perubahan penerbangan apabila diperlukan sehubungan dengan kondisi penjualan.
·         Membantu ketidakteraturan dalam penjualan dibidang reservasi dan tindakan - tindakan yang perlu dilaksanakan untuk suatu perbaikan-perbaikan.
·         Memberikan laporan kepada bagian penjualan mengenai angka-angka pengangkutan.
·         Membuat rencana untuk masa yang akan datang dengan memperhatikan penjualan dan analisa pasar
·         Memberikan revenue atau pendapatan setinggi mungkin kepada perusahaan.
B.2. Fungsi Bagian Reservasi
·         Melaksanakan penyediaan tempat (seat) dan ruang (space) yang diminta oleh agen perjalanan atau saluran lain.
·         Melaksanakan pengawasan penjualan dengan menghitung penjualan yang akan atau sudah dilakukan sehingga tidak terjadi kelebihan penjualan (overload/oversales)
·         Mengusahakan revenue setinggi-tingginya dalam pengangkutan dengan menghitung biaya yang tepat untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.
·         Meneruskan permintaan khusus kepada pihak-pihak yang bersangkutan,
F. Kode Etik Reservasi
1. Senantiasa mentaati prosedur reservation yang telah ditentukan.
2. Tidak membuat reservasi yang sama untuk orang yang sama.
3. Sebelum melakukan proses reservasi, hendaknya senantiasa menyiapkan semua kebutuhan yang akan digunakan untuk mempermudah penanganan dan pelayanan reservasi.
4. Pelayanan reservasi group (Group Booking) hendaknya tidak dipisah-pisah menjadi individual booking.
5. Ketika terjadi perubahan itinerary, maka pastikan semua space dan supplementary yang tidak diperlukan lagi dibatalkan bersamaan waktu dan berlakunya permintaan yang baru.
G. Data-data Reservasi
    Data-data yang diperlukan dalam memproses layanan reservasi penerbangan udara baik manual maupun komputerisasi adalah sebagai berikut:
1. Maskapai penerbangan yang diinginkan penumpang
2. Kelas pelayanan
3. Tanggal dan waktu keberangkatan
4. Rute keberangkatan
5. Jumlah tempat duduk yang dipesan
6. Nama calon penumpang
7. Alamat (contact address) calon penumpang
8. Nomer telepon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi
9. Keterangan tambahan lain yang dianggap perlu.









SOAL LATIHAN !!!

1. Arti dari reservation adalah..
a. Menyediakan                         c. Menyewakan
b. Pembukuan                           d. Menghadiahkan
2. Salah satu manfaat reservasi bagi maskapai penerbangan adalah
a. Sebagai sarana dalam menjual load factor secara maksimal.
b. Dapat mempermudah dalam mengatur dan mempersiapkan rencana  perjalanan.
c. Sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian terhadap rencana perjalanan.
d. Sebagai sarana untuk pembatalan penerbangan.
3. Dibawah ini adalah salah satu manfaat reservasi bagi penumpang, yaitu..
a. Sebagai sarana dalam menjual load factor secara maksimal.
b. Dapat mempermudah dalam mengatur dan mempersiapkan rencana perjalanan.
c.  Sebagai sarana untuk meningkatkan produksi.
d. Mempermudah dan memperlancar proses penjualan.
4. Manual reservation system adalah salah satu macam - macam reservasi yang dilihat dari..
a. Dilihat dari pengorganisasinya
b. Dilihat dari jumlah penumpangnya
c. Dilihat dari segi salurannya
d. Dilihat dari proses pengerjaannya
5. Direct preservation adalah salah  satu macam - macam reservasi yang dilihat dari..
a. Dilihat dari proses pengerjaannya
b. Dilihat dari pengorganisasinya
c. Dilihat dari segi salurannya
d. Dilihat dari jumlah penumpangnya
6.Dibawah ini adalah macam - macam reservasi dilihat dari pengorganisasiannya, kecuali..
a. Local Reservation
b. Flight Control Point
c. Computerized Reservation System (CRS)
d. Central Reservation Control
7. Mengusahakan revenue semaksimal mungkin, adalah salah satu tugas di bagian reservasi. Yakni di bidang..
a. Bidang penyediaan tempat
b. Bidang permintaan khusus
c. Bidang penjualan
d. Bidang penelitian
8.  Memberikan revenue atau pendapatan setinggi mungkin kepada perusahaan, adalah salah satu tugas di bagian reservasi. Yakni di bidang..
a. Bidang penyediaan tempat
b. Bidang penjualan
c. Bidang permintaan khusus
d. Bidang penelitian
9. Berikut adalah kode etik reservasi, kecuali..
a. Senantiasa mentaati prosedur reservation yang telah ditentukan.
b. Meneruskan permintaan khusus kepada pihak-pihak yang bersangkutan.
c. Tidak membuat reservasi yang sama untuk orang yang sama.
d. Pelayanan reservasi group (Group Booking) hendaknya tidak dipisah-pisah menjadi individual booking.
10. Dibawah ini adalah yang termasuk ke dalam data-data yang diperlukan dalam memproses layanan reservasi penerbangan udara, kecuali..
a. Maskapai penerbangan yang diinginkan penumpang
b. Kelas pelayanan
c. Tanggal dan waktu keberangkatan
d. Nomor kartu keluarga













KUNCI JAWABAN..

1. A
2. A
3. B
4. D
5. C
6. C
7. A
8. B
9. B
10. D

























Guru Mata Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos

MATERI  RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Genap

MENGHITUNG TARIF PENERBANGAN & DOK.PASASI


Ø Organisasi  Perusahaan  Penerbangan  Dunia

Perkembangan perusahaan penerbangan dunia  yang  sangat pesat tidak bisa lepas dari peranan organisasi penerbangan Dunia  IATA ( Internasional Air Transport Association ),yang menjadi centra kebijakaan dunia penerbangan.
IATA merupakan asosiasi penerbangan dunia yang didirikan pada tahun 1945, dengan tujuan untuk membantu peningkatan pelayanan pernerbangan sipil.

1.      Peranan IATA
A.    Bagi  Perusahaan Penerbangan
Menyiapkan perangkat kerja sama untuk mencari solusi atas permasalahan yang bersumber dari ekternal suatu perushaan penerbangan atau permaslahan antar beberapa penerbangan.
B.     Pemerintah
Merupkan forum pengembangan standar indusrty penerbangan udara dan pusat koordinasi tarif perjalanan internasional.
C.     Masyarakat
Menyederhanakan proses pengurusan dokumen perjalanan udara bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan internasional melalui pengembangan kerja sama antar beberapa perushaan penerbangan.
2.      Aktivitas IATA
A.    Menjaga keselamatan penerbangan,menrbitkan jadwl dan menentukan tarif penerbangan internasional yang wajar bagi mmasyarakat dunia serta membantu anggotanya untuk menemukan solusi atas permasalahan penerbangan.
B.     Menjalin kerjasama dengan ICAO ( Internasional Civil Aviation Organisasition), organisasi PBB yang bergerak dalam bidang penerbangan didirikan tahun 1944.
C.     Memfasisiltasi kerja sama antar beberapa perusahaan penerbangan yang menjadi anggotanya baik secara langsung maupun tidak
3.      Anggota IATA
A.    Anggota Active Members
B.     Anggota Assosiasi

Ø IATA AREA
1.      AREA TC1,meliputi Negara :
-          Amerika Serikat dan Canada
-          Amerika Utara
-          Amerika Tengah
-          Kepulauan di Atlantik dan Pasifik
-          Greeland
2.      AREA TC2,meliputi Negara :
-          Eropa Barat
-          Eropa Timur
-          Afrika
-          Timur Tengah
-          Rusia dan Ukrania
3.      AREA TC3,meliputi Negara :
-          Asia
-          Australia
-          New Zeland
-          Beberapa pulau di Pasifik

Ø Global Indikator
            Harga tiket penerbangan internasional tidak hanya di tentukan oleh kelas pelayanan ,tetapi juga di tentukan oleh route perjalanan serta Global Indikatornya ( GI ) . Misalnya perjalanan dari Singafore ke Honolulu via Pasifik akan lebih murah di bandingkan perjalanan dari Singafore ke Honolulu via Atlantik untuk itu sebelum mempelajari cara menghitung tiket Internasional, maka sangat perlu mengetahui Glonal Indikator agar harga tiket perjalanan di tentukan dengan benar.
Berikut ini beberapa Global Indikator dan penjelasannya :
1.      WH ( Western Hemisphere )
Perjalanan antar kota-kota yang ada di TC 1
2.      EH ( Eastern Hemisphere )
. Perjalanan di dalam TC2
. Perjalanan di dalam TC3
. Perjalanan antara TC2 ke TC 3 kecuali TS/FE/RU
3.      TS ( Trans Siberia )
Perjalanan antara TC2 ke TC 3 via Jepang/Korea dimana perjalanan antara Eropa dan Jepang/Korea dilakukan secara langsung.
4.      FE RUSIA ( West of Rural Mountain )
Perjalanan antara Rusia di Eropa/Ukrania dan TC3 tidak melalui Jepang dan Korea.
5.      RU Rusia Via Jap/Kor
Perjalanan antara Ruisa di eropa dan TC 3 Via Jepang/Korea, dimana perjalanan antara Ruisa dan Jepang/Korea di lakukan secara langsung tidak melalui kota-kota yang ada di Eropa.
6.      AT Trans Atlantic
Perjalanan antara TC 1 dan TC 2/3 melalui atlantik
7.      SA Via South Atlantic
Perjalanan antara Negara-negara di Atlantik Selatan dan Asia Tenggara melalui Afrika Tengah,Afrika Selatan,Kepulauan di lautan India memalui Atlantik.
8.      PA  Trans Pasific
Perjalanan antara TC 1 DAN TC 3/2 melalui Pasifik.
9.      AP Trans Atlantic Pasific
Perjalanan melalui atlantik dan pasifik ( TC 3 ke TC 1 dan TC 2 )
10.  PN Pasific Via Nort America
Perjalanan antara Amerika Selatan dn Tenggara Pasifik memalui Amerika Utara.

Ø SALES INDICATOR
Di dalam penerbangan internasional terdapat empat Internasional Sales Indicator ( ISI ) yang di tentukan berdasarkan Negara Asal keberangkatan (country of commencement (COC), Kota / Negara tempat tiket di bayar ( sold ) dan kota / negara tempat tiket di keluarkan ( issue ).
Macam-macam Internasional Sales Indicator (ISI), adalah
1.      SITI : Sales Indicator Ticketed Inside
2.      SOTO : Sales Outside Ticketed Inside
3.      SITO : Sales Inside Ticketed Outside
4.      SOTO : Sales Outside Ticketed Outside

SOAL LATIHAN!!!

1.      Pada tahun berapa IATA didirikan?
a.       Pada tahun 1945
b.      Pada tahun 1979
c.       Pada tahun 1980
d.      Pada tahun 1982
2.      IATA adalah..
a.       Internasional of  air Association
b.      Internasional of Air Transfort Association
c.       Internasional of air
d.      Internasional Transfort

3.      Sebutkan pernan IATA..
a.       Bagi Perusahaan Penerbangan
b.      Pemerintah
c.       Masyarakat
d.      Betul Semua
4.      Sebutkan aktivitas IATA..
a.       Menjaga keselamatan penerbangan
b.      Menjalin kerja sama dengan ICAO
c.       Memfasilitasi kerja sama antar beberapa perusahaan penerbangan yang menjadi anggotanya
d.      Semua benar
5.      Sebutkan anggota IATA..
a.       Anggota aktif members
b.      Anggota Assosiasi
c.       Anggota ASITA
d.      A dan B benar
6.      IATA dibagi dalam beberapa area yaitu..
a.       TC1
b.      TC2
c.       TC3
d.      Semua Benar
7.      Sebutkan Negara yang berada di area TC1 yaitu :
a.       Amerika Utara
b.      Indonesia
c.       Malaysia
d.      Brunaidarusalam
8.      Sebutkan Negara yang berada di area TC2 yaitu :
a.       Eropa  Selatan
b.      Eropa Barat
c.       Eropa Timur
d.      B dan C benar
9.      Sebutkan Negara yang berada di area TC3 yaitu :
a.       Asia
b.      Amerika
c.       New York
d.      Belanda
10.  Sebutkan ada berapa kode-kode yang di gunakan dalam menentukan Global Indicator, yaitu :
a.       10
b.      9
c.       8
d.      7






















KUNCI JAWABAN..

1.      A
2.      B
3.      D
4.      D
5.      D
6.      D
7.      A
8.      D
9.      A
10.  A















Guru Mata Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos

MATERI  RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Genap

MICE

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) | Published By PJJ-SMKN 1 Padaherang | Powered By Google

Heri Rif      Up ↑