Guru Mata
Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos
MATERI RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Genap
RESERVASI
A. Pengertian Dan Macam-Macam Reservasi
v
Reservation berasal dari kata to reserve yang
mempunyai arti menyediakan. Oleh karena itu, reservation yang sudah di bahasa
Indonesiakan menjadi reservasi identik dengan penyediaan suatu tempat atau
layanan. Sistem reservasi oleh maskapai penerbangan berkaitan dengan pengertian
ditribusi yang dapat diartikan sebagai upaya perusahaan dalam mengelola
persediaan tempat atau inventory.
v
Booking adalah sebuah proses pencatatan dalam
buku (pembukuan) data-data calon penumpang maskapai penerbangan beserta
itineraray yang diinginkannya.
v
air reservation adalah sebuah sistem
penyediaan tempat oleh maskapai penerbangan untuk calon penumpang dan barang
bawaannya beserta permintaan-permintaan (kalau ada) akan fasilitas-fasilitas
tertentu baik secara langsung maupun tidak langsung.
v
Manfaat reservasi bagi maskapai penerbangan
adalah sebagai berikut :
1. Sebagai sarana dalam menjual load factor
secara maksimal.
2. Sebagai sarana untuk meningkatkan produksi.
3. Mempermudah dan memperlancar proses
penjualan.
4. Dapat mempersiapkan dan memberikan layanan
kepada penumpang secara maksimum
5. Efisien.
v
Manfaat adanya proses reservasi ini tidak
hanya dirasakan oleh maskapai penerbangan saja, melainkan bagi penumpang juga,
antara lain :
1. Dapat mempermudah dalam mengatur dan
mempersiapkan rencana perjalanan.
2. Sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian
terhadap rencana perjalanan.
3. Efisien.
v
Dalam dunia penerbangan dikenal bermacam-macam
reservasi, yaitu :
1. Dilihat dari proses pengerjaannya
a).
Manual Reservation System
b).
Computerized Reservation System (CRS)
2. Dilihat dari pengorganisasiannya
a).
Local Reservation
b).
Flight Control Point
c).
Central Reservation Control
3. Dilihat dari jumlah penumpangnya
a).
Individual reservation
b).
Group reservation
4. Dilihat dari segi salurannya
a).
Direct reservation
b).
Indirect reservation
B. Tugas dan Fungsi Bagian Reservasi
B.1.
Tugas Bagian Reservasi
Tugas bagian reservasi dapat dibagi kedalam
beberapa bidang, yaitu :
a. Bidang penyediaan tempat
·
Mengawasi penjualan seat pada penerbangan
termasuk pemesanan dan pembatalannya.
·
Mengusahakan revenue semaksimal mungkin.
b. Bidang permintaan khusus
·
Meneruskan permintaan-permintaan khusus
penumpang kepada bagian-bagian yang bersangkutan, seperti permintaan hotel,
kendaraan, makanan khusus selama penerbangan dan lain-lain.
c. Bidang penjualan
·
Menyarankan perubahan penerbangan apabila diperlukan
sehubungan dengan kondisi penjualan.
·
Membantu ketidakteraturan dalam penjualan
dibidang reservasi dan tindakan - tindakan yang perlu dilaksanakan untuk suatu
perbaikan-perbaikan.
·
Memberikan laporan kepada bagian penjualan
mengenai angka-angka pengangkutan.
·
Membuat rencana untuk masa yang akan datang
dengan memperhatikan penjualan dan analisa pasar
·
Memberikan revenue atau pendapatan setinggi
mungkin kepada perusahaan.
B.2. Fungsi Bagian Reservasi
·
Melaksanakan penyediaan tempat (seat) dan
ruang (space) yang diminta oleh agen perjalanan atau saluran lain.
·
Melaksanakan pengawasan penjualan dengan
menghitung penjualan yang akan atau sudah dilakukan sehingga tidak terjadi
kelebihan penjualan (overload/oversales)
·
Mengusahakan revenue setinggi-tingginya dalam
pengangkutan dengan menghitung biaya yang tepat untuk mendapatkan keuntungan
semaksimal mungkin.
·
Meneruskan permintaan khusus kepada
pihak-pihak yang bersangkutan,
F. Kode Etik Reservasi
1. Senantiasa mentaati prosedur reservation
yang telah ditentukan.
2. Tidak membuat reservasi yang sama untuk
orang yang sama.
3. Sebelum melakukan proses reservasi,
hendaknya senantiasa menyiapkan semua kebutuhan yang akan digunakan untuk
mempermudah penanganan dan pelayanan reservasi.
4. Pelayanan reservasi group (Group Booking)
hendaknya tidak dipisah-pisah menjadi individual booking.
5. Ketika terjadi perubahan itinerary, maka
pastikan semua space dan supplementary yang tidak diperlukan lagi dibatalkan
bersamaan waktu dan berlakunya permintaan yang baru.
G. Data-data Reservasi
Data-data yang diperlukan dalam memproses layanan reservasi penerbangan
udara baik manual maupun komputerisasi adalah sebagai berikut:
1. Maskapai penerbangan yang diinginkan
penumpang
2. Kelas pelayanan
3. Tanggal dan waktu keberangkatan
4. Rute keberangkatan
5. Jumlah tempat duduk yang dipesan
6. Nama calon penumpang
7. Alamat (contact address) calon penumpang
8. Nomer telepon yang bisa dihubungi untuk
konfirmasi
9. Keterangan tambahan lain yang dianggap
perlu.
SOAL
LATIHAN !!!
1.
Arti dari reservation adalah..
a.
Menyediakan c.
Menyewakan
b.
Pembukuan d.
Menghadiahkan
2.
Salah satu manfaat reservasi bagi maskapai penerbangan adalah
a. Sebagai
sarana dalam menjual load factor secara maksimal.
b.
Dapat mempermudah dalam mengatur dan mempersiapkan rencana perjalanan.
c. Sebagai
sarana untuk mendapatkan kepastian terhadap rencana perjalanan.
d.
Sebagai sarana untuk pembatalan penerbangan.
3.
Dibawah ini adalah salah satu manfaat reservasi bagi penumpang, yaitu..
a.
Sebagai sarana dalam menjual load factor secara maksimal.
b.
Dapat mempermudah dalam mengatur dan mempersiapkan rencana perjalanan.
c. Sebagai sarana untuk meningkatkan produksi.
d.
Mempermudah dan memperlancar proses penjualan.
4.
Manual reservation system adalah salah satu macam - macam reservasi yang
dilihat dari..
a. Dilihat dari
pengorganisasinya
b. Dilihat dari
jumlah penumpangnya
c. Dilihat dari
segi salurannya
d. Dilihat dari
proses pengerjaannya
5.
Direct preservation adalah salah satu
macam - macam reservasi yang dilihat dari..
a. Dilihat dari
proses pengerjaannya
b. Dilihat dari
pengorganisasinya
c. Dilihat dari
segi salurannya
d. Dilihat dari
jumlah penumpangnya
6.Dibawah ini adalah macam - macam reservasi dilihat
dari pengorganisasiannya, kecuali..
a. Local
Reservation
b. Flight
Control Point
c. Computerized
Reservation System (CRS)
d. Central
Reservation Control
7.
Mengusahakan revenue semaksimal mungkin, adalah salah satu tugas di bagian
reservasi. Yakni di bidang..
a. Bidang
penyediaan tempat
b. Bidang
permintaan khusus
c. Bidang
penjualan
d. Bidang
penelitian
8. Memberikan
revenue atau pendapatan setinggi mungkin kepada perusahaan, adalah salah satu
tugas di bagian reservasi. Yakni di bidang..
a. Bidang
penyediaan tempat
b. Bidang
penjualan
c. Bidang
permintaan khusus
d. Bidang
penelitian
9.
Berikut adalah kode etik reservasi, kecuali..
a. Senantiasa
mentaati prosedur reservation yang telah ditentukan.
b. Meneruskan
permintaan khusus kepada pihak-pihak yang bersangkutan.
c. Tidak membuat
reservasi yang sama untuk orang yang sama.
d.
Pelayanan reservasi group (Group Booking) hendaknya tidak dipisah-pisah menjadi
individual booking.
10.
Dibawah ini adalah yang termasuk ke dalam data-data yang diperlukan dalam
memproses layanan reservasi penerbangan udara, kecuali..
a. Maskapai
penerbangan yang diinginkan penumpang
b. Kelas
pelayanan
c. Tanggal dan
waktu keberangkatan
d. Nomor kartu
keluarga
KUNCI
JAWABAN..
1.
A
2.
A
3.
B
4.
D
5.
C
6.
C
7.
A
8.
B
9.
B
10.
D
Guru Mata
Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos
MATERI RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Genap
MENGHITUNG TARIF
PENERBANGAN & DOK.PASASI
Ã
Organisasi Perusahaan Penerbangan Dunia
Perkembangan
perusahaan penerbangan dunia yang sangat pesat tidak bisa lepas dari peranan
organisasi penerbangan Dunia IATA (
Internasional Air Transport Association ),yang menjadi centra kebijakaan dunia
penerbangan.
IATA
merupakan asosiasi penerbangan dunia yang didirikan pada tahun 1945, dengan
tujuan untuk membantu peningkatan pelayanan pernerbangan sipil.
1.
Peranan
IATA
A.
Bagi Perusahaan Penerbangan
Menyiapkan
perangkat kerja sama untuk mencari solusi atas permasalahan yang bersumber dari
ekternal suatu perushaan penerbangan atau permaslahan antar beberapa
penerbangan.
B.
Pemerintah
Merupkan
forum pengembangan standar indusrty penerbangan udara dan pusat koordinasi
tarif perjalanan internasional.
C.
Masyarakat
Menyederhanakan
proses pengurusan dokumen perjalanan udara bagi masyarakat yang hendak
melakukan perjalanan internasional melalui pengembangan kerja sama antar
beberapa perushaan penerbangan.
2.
Aktivitas
IATA
A.
Menjaga
keselamatan penerbangan,menrbitkan jadwl dan menentukan tarif penerbangan
internasional yang wajar bagi mmasyarakat dunia serta membantu anggotanya untuk
menemukan solusi atas permasalahan penerbangan.
B.
Menjalin
kerjasama dengan ICAO ( Internasional Civil Aviation Organisasition),
organisasi PBB yang bergerak dalam bidang penerbangan didirikan tahun 1944.
C.
Memfasisiltasi
kerja sama antar beberapa perusahaan penerbangan yang menjadi anggotanya baik
secara langsung maupun tidak
3.
Anggota
IATA
A.
Anggota Active
Members
B.
Anggota
Assosiasi
à IATA AREA
1.
AREA
TC1,meliputi Negara :
-
Amerika Serikat
dan Canada
-
Amerika Utara
-
Amerika Tengah
-
Kepulauan di
Atlantik dan Pasifik
-
Greeland
2. AREA TC2,meliputi Negara :
-
Eropa Barat
-
Eropa Timur
-
Afrika
-
Timur Tengah
-
Rusia dan
Ukrania
3. AREA TC3,meliputi Negara :
-
Asia
-
Australia
-
New Zeland
-
Beberapa pulau
di Pasifik
à Global Indikator
Harga tiket penerbangan internasional tidak hanya di
tentukan oleh kelas pelayanan ,tetapi juga di tentukan oleh route perjalanan
serta Global Indikatornya ( GI ) . Misalnya perjalanan dari Singafore ke
Honolulu via Pasifik akan lebih murah di bandingkan perjalanan dari Singafore
ke Honolulu via Atlantik untuk itu sebelum mempelajari cara menghitung tiket
Internasional, maka sangat perlu mengetahui Glonal Indikator agar harga tiket
perjalanan di tentukan dengan benar.
Berikut ini beberapa Global Indikator dan penjelasannya :
1. WH ( Western
Hemisphere )
Perjalanan antar kota-kota yang ada di TC 1
2. EH ( Eastern
Hemisphere )
. Perjalanan di dalam TC2
. Perjalanan di dalam TC3
. Perjalanan antara TC2 ke TC 3 kecuali TS/FE/RU
3. TS ( Trans
Siberia )
Perjalanan antara TC2 ke TC 3 via Jepang/Korea dimana perjalanan antara
Eropa dan Jepang/Korea dilakukan secara langsung.
4. FE RUSIA ( West
of Rural Mountain )
Perjalanan antara Rusia di Eropa/Ukrania dan TC3 tidak melalui Jepang
dan Korea.
5. RU Rusia Via Jap/Kor
Perjalanan antara Ruisa di eropa dan TC 3 Via Jepang/Korea, dimana
perjalanan antara Ruisa dan Jepang/Korea di lakukan secara langsung tidak
melalui kota-kota yang ada di Eropa.
6. AT Trans Atlantic
Perjalanan antara TC 1 dan TC 2/3 melalui atlantik
7. SA Via South Atlantic
Perjalanan antara Negara-negara di Atlantik Selatan dan Asia Tenggara
melalui Afrika Tengah,Afrika Selatan,Kepulauan di lautan India memalui Atlantik.
8. PA Trans
Pasific
Perjalanan antara TC 1 DAN TC 3/2 melalui Pasifik.
9. AP Trans Atlantic Pasific
Perjalanan melalui atlantik dan pasifik ( TC 3 ke TC 1 dan TC 2 )
10. PN Pasific Via Nort America
Perjalanan antara Amerika Selatan dn Tenggara Pasifik memalui Amerika
Utara.
à SALES INDICATOR
Di dalam
penerbangan internasional terdapat empat Internasional Sales Indicator ( ISI )
yang di tentukan berdasarkan Negara Asal keberangkatan (country of commencement
(COC), Kota / Negara tempat tiket di bayar ( sold ) dan kota / negara tempat
tiket di keluarkan ( issue ).
Macam-macam
Internasional Sales Indicator (ISI), adalah
1.
SITI
: Sales Indicator Ticketed Inside
2.
SOTO
: Sales Outside Ticketed Inside
3.
SITO
: Sales Inside Ticketed Outside
4.
SOTO
: Sales Outside Ticketed Outside
SOAL
LATIHAN!!!
1.
Pada
tahun berapa IATA didirikan?
a.
Pada
tahun 1945
b.
Pada
tahun 1979
c.
Pada
tahun 1980
d.
Pada
tahun 1982
2.
IATA
adalah..
a.
Internasional
of air Association
b.
Internasional
of Air Transfort Association
c.
Internasional
of air
d.
Internasional
Transfort
3.
Sebutkan
pernan IATA..
a.
Bagi
Perusahaan Penerbangan
b.
Pemerintah
c.
Masyarakat
d.
Betul
Semua
4.
Sebutkan
aktivitas IATA..
a.
Menjaga
keselamatan penerbangan
b.
Menjalin
kerja sama dengan ICAO
c.
Memfasilitasi
kerja sama antar beberapa perusahaan penerbangan yang menjadi anggotanya
d.
Semua
benar
5.
Sebutkan
anggota IATA..
a.
Anggota
aktif members
b.
Anggota
Assosiasi
c.
Anggota
ASITA
d.
A
dan B benar
6.
IATA
dibagi dalam beberapa area yaitu..
a.
TC1
b.
TC2
c.
TC3
d.
Semua
Benar
7.
Sebutkan
Negara yang berada di area TC1 yaitu :
a.
Amerika
Utara
b.
Indonesia
c.
Malaysia
d.
Brunaidarusalam
8.
Sebutkan
Negara yang berada di area TC2 yaitu :
a.
Eropa Selatan
b.
Eropa
Barat
c.
Eropa
Timur
d.
B
dan C benar
9.
Sebutkan
Negara yang berada di area TC3 yaitu :
a.
Asia
b.
Amerika
c.
New
York
d.
Belanda
10. Sebutkan ada
berapa kode-kode yang di gunakan dalam menentukan Global Indicator, yaitu :
a.
10
b.
9
c.
8
d.
7
KUNCI JAWABAN..
1.
A
2.
B
3.
D
4.
D
5.
D
6.
D
7.
A
9.
A
10.
A
Guru Mata Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos
MATERI RANGKUMAN Kelas XI UPW Semester Genap
0 komentar:
Posting Komentar