Guru Mata
Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos
MATERI RANGKUMAN Kelas X UPW Semester Genap
KOMUNIKASI INDUSTRI PARIWISATA
Latar Belakang
Industri
pariwisata merupakan industri yang sarat dengan informasi dimana para pelakunya
sangat bergantung untuk berkomunikasi dengan konsumennya (turis) melalui
berbagai kanal informasi untuk memasarkan produk dan membangun hubungan dengan
konsumen. Informasi mempunyai peran yang sangat penting dalam melakukan
perencanaan wisata karena dapat memengaruhi pengambilan keputusan destinasi tujuan wisata dan
perencanaan pembelian seperti akomodasi, transportasi, aktivitas, atraksi,
makanan, dan lainnya
1.
Pemasaran
pariwisata yang dulunya cukup memanfaatkan media cetak dan
elektronik belum
dapat menjangkau publik secara luas. Penetrasi internet telah
merubah pola
distribusi informasi dan komunikasi antara perusahaan dan konsumen dalam sektor
pariwisata. Perkembangan teknologi informasi di dalam
industri
pariwisata telah merevolusi metode pemasaran pariwisata.
Berbeda dengan media
lain yang berkomunikasi dengan publik melalui model one to many.
Pemasaran pariwisata melalui internet dapat menjangkau masyarakat di wilayah
yang lebih luas. Internet memiliki kelebihan karena fleksibel, hemat biaya,
interaktif, dan dapat menghilangkan peran perantara dalam industri pariwisata. Supplier
dapat berhubungan dengan wisatawan secara langsung sehingga dapat
meningkatkan profit bagi industri jasa pariwisata.
Internet
merupakan perwujudan teknologi komunikasi masa kini yang dibutuhkan oleh masyarakat
untuk memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi. Internet menjadi kebutuhan
dalam pencarian informasi terkait perencanaan, pengambilan keputusan wisata dan
segala kebutuhan pembelinya.
Hal ini
disebabkan karena internet menjadi sumber informasi utama yang memiliki tingkat
interaktifitas dan kustomisasi tinggi sehingga dapat memberikan pengalaman
sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Internet berkembang pesat berkat
penetrasinya yang tinggi, sehingga diminati untuk kegiatan penjualan dan
pemasaran. Kekuatan internet dalam menyebarkan pesan secara luas dan
interaktifitasnya memudahkan penyampaian pesan secara real time. Kemunculan
internet yang massif mendorong perusahaan mengimplementasikan e-business
untuk memperoleh efisiensi proses bisnis yang dilakukan perusahaan. Menurut
World Tourism Organization (WTO), internet telah merubah sistem
distribusi informasi dan penjualan layanan pariwisata secara revolusioner.
Hal ini
berbanding lurus dengan peningkatan proporsi penggunaan internet untuk belanja online.
Tourism internet mall seperti Expedia dan Travelocity diprediksi
akan menjadi magnet industri di masa depan.
2.
Studi
yang dilakukan Plog Research menyebutkan bahwa internet menjadi
sumber informasi
utama destinasi pariwisata. Sedikitnya 95% peselancar website menggunakannya
untuk mengumpulkan informasi wisata, 93% diantaranya mengunjungi website
untuk merencanakan liburan dan 1,5% lainnya menggunakan e-mail untuk
memperoleh informasi wisata3.
Sistem ini
memberikan kesempatan kepada industri pariwisata untuk
melakukan
ekspansi bisnis di seluruh ranah geografis, marketing, dan operasional. Perkembangan
internet yang begitu massif menyebabkan munculnya sejumlah pemain bisnis baru yang berasal dari
pasar wisata. Sektor pariwisata dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan
memengaruhi pertumbuhan sektor jasa,
3. Terutama yang
berhubungan dengan makanan, minuman, akomodasi, transportasi, hiburan, belanja,
dan industri menengah kecil. Industri ini melibatkan sektorsektor industri,
seperti agen perjalanan, operator tur, penyedia jasa angkutan, hotel, restoran,
pengelola atraksi wisata, penjual cinderamata, dan penyedia jasa lain yang
dapat menarik minat dan melayani wisatawan.
Pemasaran pariwisata
menggunakan internet tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan teknologi informasi
dan komunikasi yang semakin pesat. Internet
menjadi sumber
informasi perjalanan pertama di dunia yang menyediakan direct\link antara
penyedia layanan wisata (supplier) kepada konsumen. Tindakan ini menyebabkan
terjadinya disintermediasi besar-besaran karena pasar pariwisata lambat
laun menyadari bahwa konsumen tidak perlu membuang waktu, uang, dan tenaga
membuka banyak website, melakukan komunikasi ke setiap supplier, dan
membandingkan harga sebelum memutuskan pembelian. E-tourism dilengkapi
informasi yang dapat memudahkan calon wisatawan/wisatawan melakukan
perjalanan wisata. Kelengkapan tersebut menunjang fungsi pemasaran
pariwisata. Selain itu, juga berfungsi sebagai media komunikasi dan
informasi serta dapat menghapus peran perantara (biro travel asing).
Konsep ini dapat dimanfaatkan untuk merencanakan perjalanan, mencari informasi
wisata atau reservasi karena perencanaan perjalanan dengan internet dinilai
lebih nyaman dan murah.
Kebanyakan
pengguna internet merupakan kalangan professional terdidik yang sering
bepergian, memiliki banyak uang dan kecenderungan membelanjakannya untuk
membeli produk wisata. Konsumen dapat menggunakan situs komersial atau
nonkomersial untuk perencanaan, pencarian, reservasi, dan membeli produk atau
jasa pariwisata. Mereka dapat memperoleh konfirmasi online booking dan
dokumen travel dengan pelayanan online.
SOAL LATIHAN !
1.Apa yang di
maksud dengan Pariwisata?
a. Suatu perjalanan yang di lakukan untuk
tujuan rekreasi
b. Perjalan yang di lakukan untuk
berpendidikan
c. Perjalanan yang di lakukan untuk
melakukan pengobatan
d. Perjalanan yang di lakukan untuk
melakukan kunjungan
2. Media Massa
terdiri dari..
a. Media Cetak dan Elektronik
b. Media Elektronik
c. Media TV
d. Media Radio
3. Yang termasuk
dengan media elektronik adalah ..
a. TV
b. Radio
c. Internet
d. Semua Benar
4. Yang termasuk
dengan media cetak adalah...
a. Koran
b. Brosur
c. Baligoh
d. Semua Benar
5. Internet
mempunyai kelebihan karena..
a. Fleksibel
b. Hemat Biaya
c. Interaktif
d. Semua Benar
6. Internet
merupakan perwujudan teknologi komunikasi masa kini yang di butuhkan oleh
masyarakat untuk memenuhi...
a. Informasi dan Komunikasi
b. Sandang
c. Pangan
d. Papan
7. Internet
telah merubah sistem distribusi informasi dan penjualan layanan pariwisata
secara revosional, pernyataan terbut menurut..
a. UNICEF
b. WTO (
World Tourism Organization )
c. PBB
d. G-7
8. Untuk
memasarkan destinasi wisata di perlukan seorang yang handal dalam
memasarkan produk wisata itu sendiri, seseorang tersebut adalah..
a. Marketer
b. Maketing
c. Konektor
d. Kondektor
9. Studi yang di
lakukan Plog Research menyebutkan
bahwa internet menjadi sumber..
a. Informasi utama destinasi wisata
b. Tempat Jual Beli
c. Tempat Beli onlie shop
d. Semua Benar
10. Pariwisata
di sebut juga..
a. Tourism
b. Turis
c. Wisatawan
d. Pelancong
Jawaban...
1.
A
2.
A
3.
D
4.
D
5.
D
6.
A
7.
B
8.
A
9.
A
10.
A
Guru Mata Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos
MATERI RANGKUMAN Kelas X UPW Semester Genap
ADMINISTRASI BIRO PERJALANAN WISATA
Latar Belakang
Istilah atau kata Administrasi dan
kata Manajemen sudah sangat populer di kalangan masyarakat, mereka sudah
menjalankan administrasi dan manajemen. Yang dimaksud adalah masyarakat yang
telah dan sedang menjalankan praktek kerja. Sedangkan taruna atau peserta didik
lainnya belum menyadari atau memahami apakah mereka sudah menjalankan
administrasi atau manajemen.
Dalam praktek kehidupan masyarakat
sudah dikenal istilah-istilah administrai dan manajemen, misalnya pada kantor
kelurahan dikenal dengan istilah “biaya administrasi”
Untuk pembuatan surat-surat (KTP,Kartu Keluarga dan
Surat Keterangan lainnnya), Pada tingkat tingkat yang lebih tinggi kadang
sering terdengar istilah “ Wah!,...kantor itu payah,...manajemennya tidak
beres?..”. Apa makna manajemen disini?, tentunya yang dimaksud adalah
pengaturan/pengurusan oleh orang-orang
yang memegang jabatan manajemen di kantor tersebut.
Dengan pembelajaran ilmu
administarsi dan manajemen dimaksudkan agar para pelaku administrasi dan
manajenem dapat mengatur di dalam organisasinya dan melaksanakan pelayanan yang
prima pada masyarakat dengan prinsip-prinsip organisasi dan manajemen yang
benar.
Dengan sistematika administrasi yang
baik, pelaksanaan tugas-tugas administrasi dapat lebih efektif dan efisien.
Dengan manajemen yang baik, fungsi–fungsi manajemen dapat bekerja sebagaimana
mestinya secara proporsional dan professional.
Bagaimana hubungan antara
administrasi dan manajemen ?
Untuk menjawab pertanyaan di atas marilah kita tinjau
secara ringkas dari studi kasus di atas.Kegiatan administrasi adalah proses
penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kerja dapat
terselenggara bila ada yang orang-orang yang menyelenggarakannya. Masalah
orang-orang yang menyelenggarakan kerja
untuk mencapai tujuan inilah yang menjadi masalah manajemen. Intisari dari
pengertian manajemen adalah suatu proses/usaha dari orang-orang yang bekerjasama
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jadi jelas sekarang bahwa antara
admistrasi dan manajemen mempunyai hubungan yang sedemikan rupa, administrasi
adalah penyelenggaraan kerja sedangkan manajemen adalah orang-orang yang
menyelenggarakan kerja tersebut.
Tinjauan
Historis Secara Singkat
Bukti-bukti sejarah menunjukkan
dengan jelas bahwa pada masa prasejarah administrasi dan manajemen sudah
berkembang dengan baik. Penerapan prinsip-prinsip administrasi dan manajemen
masih sangat sederhana, misalnya :
1. Masa
Mesir Kuno
Analisa dari peninggalan-peninggalan
sejarah Mesir Kuno membuktikan bahwa aspek-aspek administrasi sudah ada pada
bidang pemerintahan, militer, perpajakan,perhubungan dan pertanian/irigasi.
Hanya saja proses administrasi dijalankan bukan untuk kepentingan rakyat, tapi
untuk kepentingan kaum penguasa dan keluarganya.
2. Masa
Tiongkok Kuno
Tokoh utama dan pertama pada masa
Tingkok Kuno adalah Konfusius.
Konfusius terkenal tidak hanya sebagai ahli filsafat
dan rokhaniawan yang agung tetapi dikenal pula sebagai negarawan dan
administrator. Pada masa itu Konfusius telah menyusun tentang
Ketentuan-ketentuan Administrasi Negara
(Rules of Public Administration) yang merupakan “kode etik” bagi pejabat
pemerintahan.Tokoh kedua adalah :
Chow. Chow pernah
menjabat sebagai perdana menteri dan menciptakan
“Undang -undang Dasar Chow” (The
Constitution of Chow). UUD Chow merupakan
syarat-syarat yang cukup berat (dipandang kaca mata modern) yang
harus dipenuhi oleh setiap pegawai
pemerintah, antara lain : Kejujuran,
Kecakapan, Pengabdian pda masyarakat,
Pengetahuan tentang kondisi Negara, giat dan
produktif.
3. Gereja
Katholik Roma:
Gereja Katholik Roma telah
memberikan sumbangan yang besar dalam perkembangan administrasi dan manajemen.
Tidak hanya pesatnya ajaran ajarannya yang suci, tetapi yang paling menonjol
adalah rapinya organisasi kegerejaan di Roma. Pada masa ini dikenal pula bahwa administrasi
dan manajemen sebagai “seni” yaitu “sistematika struktur organisasi”
4. Masa
Revolusi Industri I di Inggris
Pada masa revolusi industri I di
Inggris dipercepat dengan telah ditemukannya mesin uap oleh James Watt. Pada
masa itu telah terjadi perubahan yang radikal yaitu dari “ job centered”
berubah menjadi “human centered” artinya dari orientasi terhadap pekerjaan berubah
ke orientasi “ efisiensi dan efektifitas“
5.
Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen di Indonesia
Pentingnya ilmu administrasi dan
manajemen di Indonesia baru disadari sejak Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus
1945. Pengembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen di Indonesia dimulai dengan
pegiriman mahasiswa-mahasiswa untuk belajar ke luar negeri ( Eropah dan
Amerika) tahun 1955 serta mendatangkan ahli-ahli (expert) dalam bidang
administrasi dan
manajemen untuk memberikan kuliah pada perguruan
tinggi di Indonesia.
Asal Usul Istilah Administrasi
Kata administrasi berasal dari bahasa Belanda,“administratie” yang
artinya segala kegiatan yang meliputi tulis menulis, ketik mengetik,komputerisasi,surat
menyurat (korespondensi), kearsipan, agenda (pekerjaan–pekerjaan Tata Usaha
kantor).
Kata administrasi lainnya berasal dari bahasa Yunani, “ Administrare” yang
artinya Ad = pada,ministrare=melayani,maka kata dari dua pengertian administrasi
berarti memberikan pelayanan.di atas secara gambling dapat diartikan bahwa administrasi
mempunyai pengertian :“pelayanan kegiatan tata usaha kantor” (pelayanan
pengetikan /komputer, pelayanan surat menyurat ,dan lain sebagainya )
.Pengertian Administrasi Untuk dapat memberikan pemahaman tentang pengertian
administrasi, tidak lepas dari asal usul kata administrasi itu sendiri
sebagaimana bahasan sebelumnya, yakni “kegiatan tata usaha kantor” dan“melayani”
Menurut Prof.Prajudi Atmosudirdjo (Lembaga Administrasi Negara), membedakan
administrasi dalam 2 pengertian, yaitu :
1.
Administrasi dalam pengertian sempit
2.
Administrasi dalam pengertian luas
1.Administrasi
Dalam Pengertian Sempit
Dalam pengertian sempit di sini dimaksudkan ditinjau dari lingkup kerja
yang sempit yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office work)
seperti : tulis menulis, pengetikan surat menyurat (termasuk menggunakan
kompuer), agenda, kearsipan, pembukuan dan lain sebagainya.
2.Administrasi
Dalam Pengertian Luas
Dalam pengertian luas administrasi dapat dibedakan dalam 3 sudut, yaitu
1.
Proses
2. Fungsi atau
Tugas
3.
Kepranataan/Institusi
SOAL LATIHAN!!1
1.
Menurut Prof.Prajudi Atmosudirdjo (Lembaga
Administrasi Negara), membedakan administrasi dalam 2 pengertian, yaitu :
a.
Administrasi dalam pengertian sempit
b.
Administrasi dalam pengertian luas
c.
Administrasi dalam pengertian sedang
d.
A dan b benar
2. Dalam
pengertian luas administrasi dapat dibedakan dalam 3 sudut,yaitu
a.
Proses
b.
Fungsi atau Tugas
c.
Kepranataan/Institusi
d.
Semua Benar
3. Kata
administrasi berasal dari bahasa Belanda,“administratie”
yang artinya.. a. Segala kegiatan yang meliputi tulis menulis, ketik mengetik, komputerisasi,surat menyurat
(korespondensi), kearsipan, agenda (pekerjaan–pekerjaan Tata Usaha kantor).
b. Melayani masyarakat
c. Melayani orang sakit
d. Melayani public
4. Apa yang di maksud dengan administrasi
a. Pelayanan kegiatan tata usaha kantor
b. Pelayanan puskesmas
d.
Pelayanan sekolah
5. Ada berapa jaman Prinsip-
prinip administrasi :
a.
1
b.
2
c.
3
d. 5
6. Tokoh utama dan pertama pada masa Tingkok Kuno
adalah
a. Konfusius
b. Konves
c. Kanvas
d. Benar semua
7. Pada masa
revolusi industri I di Inggris dipercepat dengan telah ditemukannya mesin uap oleh ..
a. Ensten
b. James Watt
c. Robeth
d. Betul Semua
8. Pentingnya
ilmu administrasi dan manajemen di Indonesia baru disadari sejak..
a. Jaman masuknya Islam
b. Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945
c. Jaman kerajaan Majapahit
d. Salah Semua
9. Pada masa
Gereja Katholik Roma dikenal pula
bahwa administrasi dan manajemen sebagai..
a. Seni” yaitu “sistematika struktur
organisasi
b. Kerajaan
c. Art dan cultur
d. Candi
10.Aspek-aspek
administrasi sudah ada pada bidang pemerintahan, militer,
perpajakan,perhubungan dan pertanian/irigasi,pada jaman atau masa apa asfek tersebut..
a.
Masa Tiongkok Kuno
b.
Gereja Katholik Roma
c.
Masa Mesir Kuno
d.
Masa Revolusi Industri I di Inggris
KUNCI JAWABAN…
1.
D
2. D
3. A
4. A
5. D
6. A
7. B
8. B
9. A
10. C
selamat sore bu, mau tanya apakah ibu punya buku administrasi biro perjalanan wisata untuk smk ?
BalasHapus