Minggu, 04 Maret 2018

MATERI PRODUKTIF UPW KELAS X

Guru Mata Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos


MATERI  RANGKUMAN  Kelas X UPW Semester Genap
KOMUNIKASI  INDUSTRI  PARIWISATA

Latar Belakang

Industri pariwisata merupakan industri yang sarat dengan informasi dimana para pelakunya sangat bergantung untuk berkomunikasi dengan konsumennya (turis) melalui berbagai kanal informasi untuk memasarkan produk dan membangun hubungan dengan konsumen. Informasi mempunyai peran yang sangat penting dalam melakukan perencanaan wisata karena dapat memengaruhi pengambilan  keputusan destinasi tujuan wisata dan perencanaan pembelian seperti akomodasi, transportasi, aktivitas, atraksi, makanan, dan lainnya
1.        Pemasaran pariwisata yang dulunya cukup memanfaatkan media cetak dan
elektronik belum dapat menjangkau publik secara luas. Penetrasi internet telah
merubah pola distribusi informasi dan komunikasi antara perusahaan dan konsumen dalam sektor pariwisata. Perkembangan teknologi informasi di dalam
industri pariwisata telah merevolusi metode pemasaran pariwisata.
Berbeda dengan media lain yang berkomunikasi dengan publik melalui model one to many. Pemasaran pariwisata melalui internet dapat menjangkau masyarakat di wilayah yang lebih luas. Internet memiliki kelebihan karena fleksibel, hemat biaya, interaktif, dan dapat menghilangkan peran perantara dalam industri pariwisata. Supplier dapat berhubungan dengan wisatawan secara langsung sehingga dapat meningkatkan profit bagi industri jasa pariwisata.
Internet merupakan perwujudan teknologi komunikasi masa kini yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi. Internet menjadi kebutuhan dalam pencarian informasi terkait perencanaan, pengambilan keputusan wisata dan segala kebutuhan pembelinya.
Hal ini disebabkan karena internet menjadi sumber informasi utama yang memiliki tingkat interaktifitas dan kustomisasi tinggi sehingga dapat memberikan pengalaman sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Internet berkembang pesat berkat penetrasinya yang tinggi, sehingga diminati untuk kegiatan penjualan dan pemasaran. Kekuatan internet dalam menyebarkan pesan secara luas dan interaktifitasnya memudahkan penyampaian pesan secara real time. Kemunculan internet yang massif mendorong perusahaan mengimplementasikan e-business untuk memperoleh efisiensi proses bisnis yang dilakukan perusahaan. Menurut World Tourism Organization (WTO), internet telah merubah sistem distribusi informasi dan penjualan layanan pariwisata secara revolusioner.
Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan proporsi penggunaan internet untuk belanja online. Tourism internet mall seperti Expedia dan Travelocity diprediksi akan menjadi magnet industri di masa depan.
2.        Studi yang dilakukan Plog Research menyebutkan bahwa internet menjadi
sumber informasi utama destinasi pariwisata. Sedikitnya 95% peselancar website menggunakannya untuk mengumpulkan informasi wisata, 93% diantaranya mengunjungi website untuk merencanakan liburan dan 1,5% lainnya menggunakan e-mail untuk memperoleh informasi wisata3.
Sistem ini memberikan kesempatan kepada industri pariwisata untuk
melakukan ekspansi bisnis di seluruh ranah geografis, marketing, dan operasional. Perkembangan internet yang begitu massif menyebabkan munculnya  sejumlah pemain bisnis baru yang berasal dari pasar wisata. Sektor pariwisata dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memengaruhi pertumbuhan sektor jasa,
3. Terutama yang berhubungan dengan makanan, minuman, akomodasi, transportasi, hiburan, belanja, dan industri menengah kecil. Industri ini melibatkan sektorsektor industri, seperti agen perjalanan, operator tur, penyedia jasa angkutan, hotel, restoran, pengelola atraksi wisata, penjual cinderamata, dan penyedia jasa lain yang dapat menarik minat dan melayani wisatawan.
Pemasaran pariwisata menggunakan internet tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat. Internet
menjadi sumber informasi perjalanan pertama di dunia yang menyediakan direct\link antara penyedia layanan wisata (supplier) kepada konsumen. Tindakan ini menyebabkan terjadinya disintermediasi besar-besaran karena pasar pariwisata lambat laun menyadari bahwa konsumen tidak perlu membuang waktu, uang, dan tenaga membuka banyak website, melakukan komunikasi ke setiap supplier, dan membandingkan harga sebelum memutuskan pembelian. E-tourism dilengkapi informasi yang dapat memudahkan calon wisatawan/wisatawan melakukan perjalanan wisata. Kelengkapan tersebut menunjang fungsi pemasaran pariwisata. Selain itu, juga berfungsi sebagai media komunikasi dan informasi serta dapat menghapus peran perantara (biro travel asing). Konsep ini dapat dimanfaatkan untuk merencanakan perjalanan, mencari informasi wisata atau reservasi karena perencanaan perjalanan dengan internet dinilai lebih nyaman dan murah.
Kebanyakan pengguna internet merupakan kalangan professional terdidik yang sering bepergian, memiliki banyak uang dan kecenderungan membelanjakannya untuk membeli produk wisata. Konsumen dapat menggunakan situs komersial atau nonkomersial untuk perencanaan, pencarian, reservasi, dan membeli produk atau jasa pariwisata. Mereka dapat memperoleh konfirmasi online booking dan dokumen travel dengan pelayanan online.


SOAL LATIHAN !

1.Apa yang di maksud dengan Pariwisata?
   a. Suatu perjalanan yang di lakukan untuk tujuan rekreasi
   b. Perjalan yang di lakukan untuk berpendidikan
   c. Perjalanan yang di lakukan untuk melakukan pengobatan
   d. Perjalanan yang di lakukan untuk melakukan kunjungan
2. Media Massa terdiri dari..
    a. Media Cetak dan Elektronik
    b. Media Elektronik
    c. Media TV
    d. Media Radio
3. Yang termasuk dengan media elektronik adalah ..
    a. TV
    b. Radio
    c. Internet
    d. Semua Benar
4. Yang termasuk dengan media cetak adalah...
    a. Koran
    b. Brosur
    c. Baligoh
    d. Semua Benar
5. Internet mempunyai kelebihan karena..
    a. Fleksibel
    b. Hemat Biaya
    c. Interaktif
    d. Semua Benar
6. Internet merupakan perwujudan teknologi komunikasi masa kini yang di butuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi...
    a. Informasi dan Komunikasi
    b. Sandang
    c. Pangan
    d. Papan
7. Internet telah merubah sistem distribusi informasi dan penjualan layanan pariwisata secara revosional, pernyataan terbut menurut..
    a. UNICEF
    b. WTO ( World Tourism Organization )
    c. PBB
    d. G-7
8. Untuk memasarkan  destinasi  wisata di perlukan seorang yang handal dalam memasarkan produk wisata itu sendiri, seseorang tersebut adalah..
    a. Marketer
    b. Maketing
    c. Konektor
    d. Kondektor
9. Studi yang di lakukan Plog Research menyebutkan bahwa internet menjadi sumber..
    a. Informasi utama destinasi wisata
    b. Tempat Jual Beli
    c. Tempat Beli onlie shop
    d. Semua Benar
10. Pariwisata di sebut juga..
    a. Tourism
    b. Turis
    c. Wisatawan
    d. Pelancong







Jawaban...

1.      A
2.      A
3.      D
4.      D
5.      D
6.      A
7.      B
8.      A
9.      A
10.  A





Guru Mata Pelajaran : Reni Sumartini,S.Sos

MATERI  RANGKUMAN Kelas X UPW Semester Genap
ADMINISTRASI  BIRO PERJALANAN WISATA


Latar Belakang

Istilah atau kata Administrasi dan kata Manajemen sudah sangat populer di kalangan masyarakat, mereka sudah menjalankan administrasi dan manajemen. Yang dimaksud adalah masyarakat yang telah dan sedang menjalankan praktek kerja. Sedangkan taruna atau peserta didik lainnya belum menyadari atau memahami apakah mereka sudah menjalankan administrasi atau manajemen.
Dalam praktek kehidupan masyarakat sudah dikenal istilah-istilah administrai dan manajemen, misalnya pada kantor kelurahan dikenal dengan istilah “biaya administrasi”
Untuk pembuatan surat-surat (KTP,Kartu Keluarga dan Surat Keterangan lainnnya), Pada tingkat tingkat yang lebih tinggi kadang sering terdengar istilah “ Wah!,...kantor itu payah,...manajemennya tidak beres?..”. Apa makna manajemen disini?, tentunya yang dimaksud adalah pengaturan/pengurusan oleh orang-orang  yang memegang jabatan manajemen di kantor tersebut.
Dengan pembelajaran ilmu administarsi dan manajemen dimaksudkan agar para pelaku administrasi dan manajenem dapat mengatur di dalam organisasinya dan melaksanakan pelayanan yang prima pada masyarakat dengan prinsip-prinsip organisasi dan manajemen yang benar.
Dengan sistematika administrasi yang baik, pelaksanaan tugas-tugas administrasi dapat lebih efektif dan efisien. Dengan manajemen yang baik, fungsi–fungsi manajemen dapat bekerja sebagaimana mestinya secara proporsional dan professional.
Bagaimana hubungan antara administrasi dan manajemen ?
Untuk menjawab pertanyaan di atas marilah kita tinjau secara ringkas dari studi kasus di atas.Kegiatan administrasi adalah proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kerja dapat terselenggara bila ada yang orang-orang yang menyelenggarakannya. Masalah orang-orang yang  menyelenggarakan kerja untuk mencapai tujuan inilah yang menjadi masalah manajemen. Intisari dari pengertian manajemen adalah suatu proses/usaha dari orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Jadi jelas sekarang bahwa antara admistrasi dan manajemen mempunyai hubungan yang sedemikan rupa, administrasi adalah penyelenggaraan kerja sedangkan manajemen adalah orang-orang yang menyelenggarakan kerja tersebut.
Tinjauan Historis Secara Singkat

Bukti-bukti sejarah menunjukkan dengan jelas bahwa pada masa prasejarah administrasi dan manajemen sudah berkembang dengan baik. Penerapan prinsip-prinsip administrasi dan manajemen masih sangat sederhana, misalnya :

1. Masa Mesir Kuno
Analisa dari peninggalan-peninggalan sejarah Mesir Kuno membuktikan bahwa aspek-aspek administrasi sudah ada pada bidang pemerintahan, militer, perpajakan,perhubungan dan pertanian/irigasi. Hanya saja proses administrasi dijalankan bukan untuk kepentingan rakyat, tapi untuk kepentingan kaum penguasa dan keluarganya.
2. Masa Tiongkok Kuno
Tokoh utama dan pertama pada masa Tingkok Kuno adalah Konfusius.
Konfusius terkenal tidak hanya sebagai ahli filsafat dan rokhaniawan yang agung tetapi dikenal pula sebagai negarawan dan administrator. Pada masa itu Konfusius telah menyusun tentang Ketentuan-ketentuan Administrasi Negara  (Rules of Public Administration) yang merupakan “kode etik” bagi pejabat pemerintahan.Tokoh kedua adalah :
Chow. Chow pernah menjabat sebagai perdana menteri dan menciptakan “Undang -undang Dasar Chow” (The Constitution of Chow). UUD Chow merupakan syarat-syarat  yang  cukup berat (dipandang kaca mata modern) yang harus dipenuhi oleh setiap pegawai pemerintah, antara lain : Kejujuran, Kecakapan, Pengabdian pda masyarakat,
Pengetahuan tentang kondisi Negara, giat dan produktif.
3. Gereja Katholik Roma:
Gereja Katholik Roma telah memberikan sumbangan yang besar dalam perkembangan administrasi dan manajemen. Tidak hanya pesatnya ajaran ajarannya yang suci, tetapi yang paling menonjol adalah rapinya organisasi kegerejaan di Roma. Pada masa ini dikenal pula bahwa administrasi dan manajemen sebagai “seni” yaitu “sistematika struktur organisasi”
4. Masa Revolusi Industri I di Inggris
Pada masa revolusi industri I di Inggris dipercepat dengan telah ditemukannya mesin uap oleh James Watt. Pada masa itu telah terjadi perubahan yang radikal yaitu dari “ job centered” berubah menjadi “human centered” artinya dari orientasi terhadap pekerjaan berubah ke orientasi “ efisiensi dan efektifitas“
5. Perkembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen di Indonesia
Pentingnya ilmu administrasi dan manajemen di Indonesia baru disadari sejak Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945. Pengembangan Ilmu Administrasi dan Manajemen di Indonesia dimulai dengan pegiriman mahasiswa-mahasiswa untuk belajar ke luar negeri ( Eropah dan Amerika) tahun 1955 serta mendatangkan ahli-ahli (expert) dalam bidang administrasi dan
manajemen untuk memberikan kuliah pada perguruan tinggi di Indonesia.
Asal Usul Istilah Administrasi
Kata administrasi berasal dari bahasa Belanda,“administratie” yang artinya segala kegiatan yang meliputi tulis menulis, ketik mengetik,komputerisasi,surat menyurat (korespondensi), kearsipan, agenda (pekerjaan–pekerjaan Tata Usaha kantor).
Kata administrasi lainnya berasal dari bahasa Yunani, “ Administrare” yang artinya Ad = pada,ministrare=melayani,maka kata dari dua pengertian administrasi berarti memberikan pelayanan.di atas secara gambling dapat diartikan bahwa administrasi mempunyai pengertian :“pelayanan kegiatan tata usaha kantor” (pelayanan pengetikan /komputer, pelayanan surat menyurat ,dan lain sebagainya )
.Pengertian Administrasi Untuk dapat memberikan pemahaman tentang pengertian administrasi, tidak lepas dari asal usul kata administrasi itu sendiri sebagaimana bahasan sebelumnya, yakni “kegiatan tata usaha kantor” dan“melayani”
Menurut Prof.Prajudi Atmosudirdjo (Lembaga Administrasi Negara), membedakan administrasi dalam 2 pengertian, yaitu :
1. Administrasi dalam pengertian sempit
2. Administrasi dalam pengertian luas

1.Administrasi Dalam Pengertian Sempit
Dalam pengertian sempit di sini dimaksudkan ditinjau dari lingkup kerja yang sempit yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office work) seperti : tulis menulis, pengetikan surat menyurat (termasuk menggunakan kompuer), agenda, kearsipan, pembukuan dan lain sebagainya.



2.Administrasi Dalam Pengertian Luas
Dalam pengertian luas administrasi dapat dibedakan dalam 3 sudut, yaitu
1.     Proses
2.     Fungsi atau Tugas
3.     Kepranataan/Institusi



SOAL LATIHAN!!1

1.      Menurut Prof.Prajudi Atmosudirdjo (Lembaga Administrasi Negara), membedakan administrasi dalam 2 pengertian, yaitu :
a.       Administrasi dalam pengertian sempit
b.      Administrasi dalam pengertian luas
c.       Administrasi dalam pengertian sedang
d.      A dan b benar
2.      Dalam pengertian luas administrasi dapat dibedakan dalam 3 sudut,yaitu
a.       Proses
b.      Fungsi atau Tugas
c.       Kepranataan/Institusi
d.      Semua Benar
3.      Kata administrasi berasal dari bahasa Belanda,“administratie” yang artinya.. a. Segala kegiatan yang meliputi tulis menulis,  ketik mengetik, komputerisasi,surat menyurat (korespondensi), kearsipan, agenda (pekerjaan–pekerjaan Tata Usaha kantor).
b. Melayani masyarakat
c. Melayani orang sakit
d. Melayani public
4.  Apa yang di maksud dengan administrasi
     a. Pelayanan kegiatan tata usaha kantor
     b. Pelayanan puskesmas
     d. Pelayanan sekolah
     5.  Ada berapa jaman Prinsip- prinip administrasi :
            a. 1
            b. 2
            c. 3
           d. 5
      6.   Tokoh utama dan pertama pada masa Tingkok Kuno adalah
            a. Konfusius
            b. Konves
            c. Kanvas
            d. Benar semua
7. Pada masa revolusi industri I di Inggris dipercepat dengan telah    ditemukannya mesin uap oleh ..
     a. Ensten
     b. James Watt
     c. Robeth
     d. Betul Semua
8. Pentingnya ilmu administrasi dan manajemen di Indonesia baru disadari sejak..
     a. Jaman masuknya Islam
     b. Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945
     c. Jaman kerajaan Majapahit
     d. Salah Semua
9. Pada masa Gereja Katholik Roma dikenal pula bahwa administrasi dan manajemen sebagai..
     a. Seni” yaitu “sistematika struktur organisasi
     b. Kerajaan
    c. Art dan cultur
    d. Candi
10.Aspek-aspek administrasi sudah ada pada bidang pemerintahan, militer, perpajakan,perhubungan dan pertanian/irigasi,pada jaman atau masa apa asfek tersebut..
a.       Masa Tiongkok Kuno
b.      Gereja Katholik Roma
c.       Masa Mesir Kuno
d.      Masa Revolusi Industri I di Inggris










KUNCI JAWABAN…

1.      D
2.      D
3.      A
4.      A
5.      D
6.      A
7.      B
8.      B
9.      A
10.  C







1 komentar:

  1. selamat sore bu, mau tanya apakah ibu punya buku administrasi biro perjalanan wisata untuk smk ?

    BalasHapus

Copyright © Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) | Published By PJJ-SMKN 1 Padaherang | Powered By Google

Heri Rif      Up ↑