Minggu, 04 Maret 2018

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS X

Modul Bahasa Indonesia
Kelas X Semester 2

1.      Negosiasi
a.       Pengertian
Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi yang berkaitan tawar-menawar dengan jalan berunding untuk mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lain.
Tujuan dari negosiasi itu sendiri adalah untuk mengatasi atau menyesuaikan perbedaan, memperoleh sesuatu dengan pihak lain, mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak atau untuk menyelesaikan perselisihan pendapat atau sengketa.
b.      Unsur-unsur pembangun negosiasi
-          Partisapan (orang-orang yang terlibat dalam negosiasi)
Contoh : Penjual dan Pembeli
-          Perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak
Misalnya: Pembeli memiliki kepentingan untuk membeli barang
                Penjual memiliki kepentingan untuk menjual barang
-          Adanya pengajuan dan penawaran
Contoh: Pembeli manawar harga barang
            Penjual mengajukan pengajuan harga barangnya
-          Persetujuan atau kesepakatan
Contoh: mendapatkan harga yang dapat disepakati oleh kedua belah pihak.
c.       Struktur teks negosiasi
Terdiri dari orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan/kesepakatan.
Contoh:
Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?” (sambil menunjuk ke arah mangga gedong gincu)
Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
Orientasi
Pembeli : “Boleh kurang kan, Bang?”
Pengajuan
Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Masak di pohon.
Penawaran
Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
Pengajuan
Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
Penawaran
Pembeli: “Baiklah, tapi saya milih sendiri, kan Bang?”
Pengajuan
Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Penawaran
Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.”
Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”
Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya, Pak.
Persetujuan

d.      Kaidah kebahasaan teks negosiasi
-          Menggunakan kalimar persuasif (kalimat yang berisikan ajakan, hasutan)
Contoh : Penjual : “Harga barang ini udah pas kok bu, sesuai dengan kualitasnya. Tas ini tidak kalah dengan aslinya dijamin tidak menyesal. Harganya pun murah.
-          Menggunakan kata sapaan, misalnya mas, bang, aa, akang, dan lain sebagainya.
Contoh : Ada yang bisa saya bantu, Mas?
-          Menggunakan kata-kata ragam santai atau tidak baku.
Misalnya: gak=tidak, lagi = sedang
Contoh : Bisa gak harganya diturun sedikit.
-          Menggunakan interjeksi percakapan, seperti: mah, sih, tuh, sip, daln lain-lain.
Contoh : saya sih lebih suka warnanya merah.
-          Menggunakan kalimat berita, kalimat tanya, kalimat seru, kalimat perintah
Contoh:
·      Kalimat berita : Motornya dipakai kakak.
·      Kalimat tanya : Benar, nih?
·      Kalimat seru : Ide bagus, tuh!
·      Kalimat perintah : Siap, jangan khawatir!
e.       Bentuk-bentuk negosiasi
-          Percakapan atau dialog
Contoh:
Pembeli : “Berapa harga sekilo manga ini, Bang?”
Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
Pembeli : “Boleh kurang kan, Bang?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus loh, Bu. Ini bukan karbitan. Matang di pohonnya.”
Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
Pembeli : “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan, Bang?”
Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat manga yang bagus dan tidak busuk.”
Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”
Pembeli : “Baiklah, saya ambil tiga kilo ya, Bang.”
-          Surat (Penawaran/Niaga)
Sitematika penulisan:
·      Kepala surat
Terdiri dari: logo, nama lembaga/instansi, alamat lengkap
·      Tanggal Surat, tidak disingkat, tidak menggunakan angka untuk bulan, tidak menggunakan tanda baca apapun dan tidak menggunakan nama kota.
·      Nomor surat
·      Hal/ perihal
·      Lampiran
·      Penerima surat : orang yang dituju, alamat singkat penerima
·      Salam pembuka
·      Isi surat, terdiri dari pembuka, isi, penutup
·      Salam penutup
·      Penulis surat, terdiri dari nama jabatan penulis, nama penulis, tanda tangan, cap perusahaan/instansi







Contoh:
Ladzidzan
Ice Cream & Bakery
Jalan Agus Salim Batu Jawa Timur
Website: www.ladzidzan.ice&bakery.com
Email: ladzidzan.ice&bakery@gmail.com

Nomor        : 026/PROM-12/2015                                                                            5 Maret 2015
Hal             : Penawaran Produk Spesial
Lampiran    : Satu Lembar

Yth. Marhaban Wedding Organizer
Jalan Kartini
Kota Baru Jawa Timur

Dengan hormat,
Ladzidzan Ice Cream & Bakery adalah sebuah perusahaan kuliner yang menyediakan ice cream dan roti untuk kepentingan pesta perkawinan.

Kami sudah berpengelaman puluhan tahun melayani pelanggan terutama perusahaan penyelenggara pesta perkawinan, ulang tahun, dan event besar lainnya. Kami hanya menyediakan produk kuliner bercita rasa tinggi dengan penampilan elegan.

Dalam rangga pembukaan cabang baru di Kota Batu, kami menawarkan harga khusus selama masa promosi bulan April-Mei 2015. Jenis produk dan harga barang dapat dilihat pada brosur terlampir. (Harga dan ketentuan berlaku). Keterangan lebih lanjut hubungi costumer service kami melalui nomor HP 0882334132. Percayakan kebutuhan perusahaan Anda pada Kami.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas kepercayaam Anda kami menyampaikan terima kasih.

Hormat kami,
Marketing Ladzidzan Ice Cream & Bakery




Devara Jatmiko
sumber : Buku Paket Bahasa Indonesia kelas X edisi revisi 2016
                                                            Cerdas berbahasa Indonesia untuk SMA


TUGAS
1.       Jelaskan pengertian negosiasi beserta tujuannya!
2.       Jelaskan unsur-unsur negosias dan berikan contohnya menurut bahasa kalian sendiri!
3.       Buatlah masing-masing dua buah kalimat perintah dan kalimat berita!
4.       Sebutkan sitematika dari surat resmi atau surat niaga!
5.       Buatlah satu buah teks negosiasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari





Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2025 Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) | Published By PJJ-SMKN 1 Padaherang | Powered By Google

Heri Rif      Up ↑